Minggu, 21 Oktober 2012

Ruang Lingkup Etika Bisnis

Ruang Lingkup Etika Bisnis terbagi menjadi 3 yaitu :

  1. Etika bisnis menghimbau pelaku bisnis agar menjalankan bisnisnya dengan baik dan etis. Bisnis yang baik dan etis akan mempengaruhi keberhasilan usaha dalam jangka panjang dan berfungsi menggugah kesadaran moral para pelaku bisnis untuk berbisnis secara baik dan etis demi nilai - nilai luhur tertentu dan demi kepentingan bisnisnya sendiri. Etika bisnis dalam lingkupnya yang pertama ini tidak hanya menyangkut perilaku dan organisasi Perusahaan secara internal, melainkan juga menyangkut secara eksternal.
  2. Untuk menyadarkan masyarakat, khususnya konsumen, buruh atau karyawan dan masyarakat luas akan hal dan kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis siapapun juga. Pada tingkat ini berfungsi menjaga hak - hak masing - masing dan kewajiban masing - masing, agar tidak terdapat kecurangan yang berfungsi untuk mengambil hak dan kewajiban setiap orang yang bersifat merugikan orang tersebut, disini dituntut untuk mengutamakan keadilan dalam setiap bisnis yang dilakukan oleh para pelaku-pelaku bisnis.

  3. Etika bisnis juga berbicara mengenai sistem ekonomi yang sangat etis atau tidaknya suatu praktek bisnis. Pada tingkatn ini etika bisnis berbicara olygopoly,monopoli,kolusi dan praktek semacamnya yang akan merugikan dan mempengaruhi suatu ekonomi disuatu negara.

4 komentar: